HIBURANLINTAS DAERAH

Libur Natal dan Tahun Baru : Wisatawan Diminta Waspadai Cuaca Ekstrem

BONDOWOSO, kompasjatim.com – Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bondowoso memperingatkan masyarakat atau wisatawan untuk mewaspadai cuaca ekstrem. Hal ini menjelang hari libur nasional dan perayaan Nata.

Menurut Kepala Disparpora, Harry Patriantono, bahwa pihaknya sudah mengumpulkan semua pengelola wisata se-kabupaten Bondowoso. Supaya mengupayakan pelayanan dengan sebaik mungkin menyambut tahun baru dan liburan panjang.

“Untuk menyusun langkah antisipasi bencana di objek wisata, kami sudah melakukan rapat koordinasi dengan bidang-bidang terkait, khususnya pengelola wisata. Kami akan tetap berupaya yang terbaik untuk wisatawan walaupun dengan keterbatasan kami,” katanya, Senin (24/12/2018).

Dampak curah hujan yang meningkat pengunjung akan berkurang dari tahun sebelumnya, ini akan dirasakan disemua tempat-tempat wisata.

“Pasti ada penurunan (kunjungan wisatawan) karena hujan yang meningkat saat ini. Tapi sejauh ini masih aman dikunjungi,” jelasnya.

Karena dianggap masih pada batas aman, Harry mengatakan sejauh ini belum ada tempat wisata yang ditutup karena Bondowoso merupakan objek wisata alam. Ia menegaskan cuaca buruk hanya menurunkan tingkat kunjungan wisatawan meski ia belum bisa memastikan.

Pihaknya juga menghimbau kepada seluruh wisatawan, agar tidak mengotori (buang sampah pada tempatnya) di objek-objek wisata. Karena di Bondowoso itu rata-rata objek wisata alam.

“Disetiap objek wisata nanti akan dipampang banner-banner yang berisikan untuk jaga kebersihan, jaga keamanan, jaga ketertiban, no drugs dan minuman keras (miras). Kami juga menghimbau kepada pengelola wisata untuk segera berkoordinasi dengan pihak BPBD jika menemukan kerawanan yang membahayakan masyarakat atau pengunjung.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak BPBD, Dinkes, dan Forkopimka setempat. Jika ada kecurigaan dengan adanya cuaca ekstrem ini, agar tidak segan-segan menutup dan memberikan larangan bagi pengunjung, ini demi keselamatan kita bersama,” pungkasnya.

Reporter : Moh. Darmono
TAG
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d bloggers like this: