LINTAS DAERAHLINTAS PERISTIWA

Puluhan Orang Datangi KPUD Bondowoso, Suarakan Capres Independen

BONDOWOSO, kompasjatim.com – Pemilihan Presiden dan wakil Presiden yang tinggal beberapa bulan saja, menjelang debat Capres. Namun ada sekelompok orang ajukan Capres independen, mengatas namakan Ormas (Ormas masyarakat) Tikus Piti Hanoto Baris, gelar aksi damai ke KPUD Bondowoso, Jawa Timur, Kamis (17/1/2019).

Puluhan orang itu menyuarakan aspirasinya didepan KPUD Bondowoso yang terdiri dari berbagai kalangan. Bahkan ada anak dibawah umur dibarisan depan, mengikuti aksi mereka.

Menurut Muhammad Ghozi, perwakilan dari Ormas Tikus Piti Hanoto Baris, memgatakan kedatangannya ke KPU Bondowoso untuk menyampaikan aspirasinya. Supaya dibukanya jalur independen terkait Capres (Calon Presiden) perorangan.

Ormas itu akan mengusung Tuntas Subagyo, warga Solo menjadi Capres RI satu lewat independen. Walaupun tahapan KPU sudah selesai, pihaknyaakan terus menyuarakan seauai instruksi pimpinannya.

“Kami menyuarakan lewat KPU Bondowoso dan 24 Januari 2019 kamj juga akan mendatangi KPU Provinsi Jatim. Selain itu dilanjutkan ke MK (Mahkamah Konstitusi),” katanya.

Sementara itu, Junaidi SH, komisioner KPU divisi hukum mengatakan, bahwa KPU ini merupakan pelaksana dari undang – undang yang berkaitan dengan kepemiluan.

“Masak kita mau mengusir kedatangan dari Ormas Tikus Piti Hanoto Baris ke KPU, mereka juga punya hak untuk menyuarakan dan kita menampung aspirasinya,” ujarnya.

Lanjutnya, aspirasi dari mereka terkait dengan Capres RI independen, dan ia juga tidak hanya melakukan aksi damai di tingkat kabupaten. Namun ia melakukan yang sama di tingkat Provinsi dan pusat.

Pihaknya menyarankan kepada Ormas itu, agar melakukan revisi reviw terhadap undang – undang di DPRRI.Karena ini ada petisi, pihaknya akan berkoordinasi dengan KPU Jatim dan KPU pusat melalui kronologis yang akan di sampaikannya.

“Kemungkinan peluang untuk bisa sangat sangat tipis. Sesuai dengan pasal 21 dan 22 UU nomor 7 tahun 2017 tentang calon Presiden dan Wakil Presiden itu diusung dari partai politik gabungan yang menang pada pemilu tahun 2014,” pungkasnya.

Reporter : Moh. Darmono
TAG

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d bloggers like this: