LINTAS DAERAHPOLITIK

Bawaslu Sampang Akan Lakukan Sosialisasi Pada Pemilih Perempuan

SAMPANG, kompasjatim.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sampang akan melakukan sosialisasi terhadap para pemilih perempuan untuk ikut berperan aktif melakukan pengawasan dalam Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif di 2019.

Menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Sampang Insiyatun mengatakan wanita merupakan pemilih yang berhak menentukan pilihan dan tentunya rahasia bagi siapa pun. Namun, menurutnya pihak Bawaslu juga berharap wanita tak hanya diam, melainkan ikut mengawasi dan andil dalam pemilu 2019 nanti.

“Bawaslu Kabupaten Sampang mau mengadakan sosialisasi kepada pemilih perempuan yaitu sosialisasi pengawasan pertisipatif, yang kami undang di antaranya ialah Fatayah, Aisyiah, dan juga dari IPPNU,” katanya pada kompasjatim.com.

Ia menjelaskan tujuan di mana hal itu dilakukan untuk menjadikan para pemilih perempuan menjadi pengawas partisipatif pada setiap tahan pemilu, mulai dari tahap kampanye, pungut pitung, hingga rekapitulasi.

“Kami ingin wanita tak hanya sebagai pemilih, kami ingin para wanita juga ikut terlibat di dalam pemilu 2019 nanti. Intinya misalkan ada pelanggaran di bawah mereklah yang diharapkan memberikan informasi awal ke Bawaslu Kabupaten Sampang, Seperti sosialisasi sebelumnya yang kita ketahui Bawaslu Sampang akan merangkul semua elemen,” tandasnya.

Untuk diketahui Bawaslu Kabupaten Sampang sejak awal Februari 2019 ini akan melakukan perekrutan pengawas TPS sebanyak 3.692, “Kami harap di perekrutan pengawas TPS itu para pemilih perempuan ikut mendaftar. Sehingga benar-benar menjadi pengawas selain juga menjadi pengawas partisipatif. Untuk persyaratan memang harus lulus SMA minimal usia 25 tahun dan tentunya kami membutuhkan yang berani, berani dalam artian tegas dalam mencegah terjadinya dugaan-dugaan kecurangan di bawah,” pungkasnya.

Reporter : Adie
TAG

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d bloggers like this: