LINTAS DAERAHSOSIAL & BUDAYA

Peringati Hari Sampah Nasional Polres Ponorogo Gelar Kerja Bakti Di TPA Desa Mrican

PONOROGO – Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2019, Polres Ponorogo menggelar Apel dan Kerja Bakti di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Mrican Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo, Kamis (21/2).

Dalam kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019 tersebut mengambil tema “Kelola Sampah Untuk Hidup Sehat, bersih dan Bernilai”.

Yang dihadiri langsung oleh Kapolres Ponorogo AKBP. RADIANT, S.I.K. M.Hum., PJU Polres Ponorogo beserta Kapolsek Jajaran, Sekretaris KLH Sdr. Yudi Wahyudi, Danramil Jenangan Lettu. CBA Adi Setianto, Perwakilan Personel Polres Ponorogo dan Jajaran, Perwakilan anggota TNI dari Koramil Jenangan dan Petugas kebersihan lingkungan hidup.

Kapolres Ponorogo AKBP Radiant SIK, M.Hum menyampaikan apel ini digelar dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional dan melakukan kerja bakti di lingkungan TPA Desa Mrican. Selain itu, kegiatan ini, untuk memberikan motivasi kepada seluruh masyarakat untuk lebih peduli dengan lingkungan hidup demi generasi penerus dan menyelamatkan Bumi.

“Indonesia masuk pada rangking kedua negara penghasil sampah terbesar di dunia. Untuk itu, upaya yang harus bersama sama kita lakukan yaitu dengan cara mengelola sampah ini dengan baik, baik sampah organik maupun Non Organik. Yang dimulai dari tempat kerja kita, dari rumah kita, kita harus sudah bisa memilah, memisahkan antara sampah organik dan non organik supaya memudahkan pihak lingkungan hidup untuk upaya mendaur ulang,” kata Radiant.

Radiant menambahkan, sebagai warga yang peduli dengan kesehatan berarti kita harus bisa dan mampu membantu dinas lingkungan hidup dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

“Sampah-sampah yang ditimbun dalam jumlah besar di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) juga dapat menimbulkan ledakan, ledakan tersebut diakibatkan oleh reaksi pembusukan yang pada akhirnya timbulnya uap/ gas panas, dan apabila gas panas ini terkena percikan api akan menimbulkan ledakan. Dan Pemerintah sudah berusaha melakukan pengurangan sampah Non organik salah satunya yang bisa kita lihat di Supermarket, Indomart saat ini sudah tidak memberikan kantung Plastik kepada para pembeli,” imbuhnya.

Pada kegiatan tersebut, dilakukan penyerahan secara simbolis tempat sampah kepada petugas Dinas lingkungan hidup, pelaksanaan Korve dan sarapan pagi bersama Kapolres kepada para pemulung.

Reporter : Adie
TAG

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d bloggers like this: